Rabu, 05 Oktober 2011

STEYR AUG / Armee Universal Gewehr

Steyr AUG adalah rangkaian senapan yang pertama kali diperkenalkan pada tahun1977 oleh perusahaan senjata Austria Steyr Mannlicher. AUG adalah singkatan dariArmee Universal Gewehr, yang berarti "Senapan Tentara Universal". Nama Steyr AUG sendiri lebih sering digunakan untuk menyebut versi yang spesifik, yaitu varian senapan serbu bullpup kaliber 5.56 mm NATO, dengan warna hijau dan teleskop yang terintegrasi. Senapan ini sebenarnya telah memiliki banyak varian, mulai dari senapan submesin, senapan penembak jitu, sampai senapan mesin ringan. Senapan ini telah diadopsi menjadi senapan utama angkatan bersenjata AustriaAustraliaSelandia BaruLuxembourgIrlandia, dan juga sempat dipakai oleh Malaysia. Satuan Polisi Khusus Indonesia yaitu Gegana Brimob Polri juga nmenggunakan Steyr AUG


Desain




AUG adalah salah satu senapan pertama yang menggunalan desain bullpup, yang membuatnya 25% lebih pendek dari senapan lain yang panjang larasnya sama, tanpa mengorbankan performa dan akurasi. Sebagian besar varian AUG dilengkapi dengan bidikan teleskopik 1.5x yang terintegrasi. AUG dianggap memiliki desain ergonomis yang modern. Fitur lain misalnya kemampuan dipakai oleh penembak tangan kanan maupun kidal, dan penggunaan bahan-bahan plastik transparan.
Laras Steyr AUG bisa ditukar-tukar dengan mudah, misalnya ke laras karabin atau ke laras lebih panjang. Bahkan AUG memiliki perangkat modifikasi yang bisa merubahnya menjadi senapan submesin. Varian lain, seperti varian senapan mesin ringan yang memiliki laras lebih berat, tak bisa dimodifikasi dan sudah diatur dari pabrik.
Berkas:AUG A1 508mm 04.jpg
Gambar AUG A1
Tentang senjata ini

Berat3,6 kg (kosong)
Panjang790 mm
Panjang Laras508 mm

Peluru5.56 x 45 mm NATO,
9 x 19 mm (AUG SMG)
MekanismeOperasi gas, bolt berputar
Rata² tembakan650 butir/menit
Kecepatan peluru992 m/s
Jarak efektif450–500 m
AmunisiMagazen 30 atau 42-butir
Masa Penggunaan

Masa penggunaan1978–sekarang
Digunakan olehAustriaAustraliaTimor Timur,
IrlandiaIndonesiaLuxembourg,
MalaysiaOmanPakistan,Filipina,
Selandia BaruArab Saudi,Tunisia,
Amerika SerikatInggris
Pada perangTimor TimurAfganistanIrak


Berkas:AUG A2 407mm klein 03.jpg
Gambar AUG A2
Berkas:Steyr AUG A3.jpg
gambar AUG A3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar